kembali lagi di postingan saya yang membahas tentang game setelah sebelumnya saya juga pernah memposting tulisan asal mula game di
Game for Life dan seluk beluk untuk menjadi seorang pembuat game di How To Be Creator Game
tulisan kali ini akan membahas tentang 3 hal,yaitu :
A.Efek fisik dalam teknologi game
B. Collision Detection dan
C. User Interface pada Game Komputer.
Dimulai dengan Efek Fisik dalam Teknologi Game ,game adalah suatu hiburan bagi banyak orang dan berbagai kalangan beragam umur. Game di ciptakan untuk anak berusia 3 tahun hingga lansia berumur 70 tahun walaupun pada kenyataannya banyak anak kecil di bawah tiga tahun sudah dapat bermain game atau terdapat lansia berusia di atas70 tahun yang memainkan game yang tidak di peruntukan untuk dirinya contohnya adalah game-game yang menguji adrenalin dan memacu denyut jantung.
Game dapat memberikan efek positif dan negatif bagi seseorang. Contoh efek positif bermain game adalah :
- Melatih Fisik
- Memberikan Kebugaran
- Melatih Ketangkasan
- Keterampilan Sosial
- Meningkatkan kemampuan Belajar.
game dapat melatih fisik dan memberikan kebugaran karna biasanya game mengharuskan para pemainnya untuk melakukan aktifitas fisik seperti kecepatan tangan dan lain-lain. Di jaman yang semakin canggih dan perkembangan teknologi game yang semakin cepat maka muncul lah game virtual reality yang membuat pemain merasakan seolah-lah berada di dalam game tersebut. Perusahaan Omny baru saja mengeluarkan produk terbarunya yang bisa di lihat di dalam video ini :
asik ya kalo bisa main PB pake ginian :D
Game juga dapat melatih ketangkasan karna seperti yang saya sebutkan tadi bahwa game menuntut kecepatan tangan, kecepatan berpikir, pengontrolan keadaan dan juga pengambilan keputusan.
Menurut sebuah penelitian di california menyebutkan bahwa seorang gamers akan lebih mudah untuk mencapai tujuan hidupnya karna mimpi-mimpinya jelas dan kecepatannya dalam mengambil keputusan.
Diantara banyaknya sisi positif yang di dapatkan dari game banyak pula hal-hal negatif yang di timbulkan jika kita "kecanduan" terhadap game. Inilah hal-hal negatif jika kecanduan bermain game :
Diantara banyaknya sisi positif yang di dapatkan dari game banyak pula hal-hal negatif yang di timbulkan jika kita "kecanduan" terhadap game. Inilah hal-hal negatif jika kecanduan bermain game :
- Kurang Tidur
- Mengisolasi diri
- Depresi
- Stress
- Agresif
- Bahaya Radiasi dan
- Kelelahan
Tidak bisa di pungkiri bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Game sangat di anjurkan untuk di mainkan jika di gunakan dalam batas yang wajar karna jika tidak akan memunculkan efek-efek negatif bagi para pemakainnya.
Kurang tidur adalah hal yang wajar bagi seorang gamer. Banyak dari para gamer yang bermain game hanya di sela-sela kesibukannya atau di waktu senggang saja tapi tidak sedikit pula para gamer yang lupa waktu dan bermain game dari pagi hingga malam hari tanpa henti.
Gamer yang sudah kecanduan game biasanya fokusnya akan ter alihkan sepenuhnya terhadap game tanpa memperdulikan lingkungan sekitarnya dan mengisolasi diri. walaupun banyak game online yang mengharuskan bermain game secara tim namun di dunia nyata para gamer tidak terlalu dekat dengan teman sekitarnya di bandingkan teman dunia maya-nya.
dampak buruk bermain game
B. Collision Detection
adalah algoritma untuk mendeteksi collision atau tabrakan dan sangat di butuhkan untuk membuat program game. Contoh penggunaan collision detection ada dalam flash mulai versi 5 ke atas yang telah menyediakan method yang bernama hitTest untuk memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. sebelum collison detection ini tersedia, seorang programmer flash harus mendeteksi secara manual koordinat sebuah movie clip dan cara ini di rasa sangat merepotkan.
C. User Interface pada Game Komputer
user interface adalah tampilan yang di lihat oleh pengguna. user interface berfungsi sebagai penghubung atau mediator antar kompute dan manusia agar hubungan perangkat komputer dengan user bisa terjalin.
dalam user interface desain terdapat beberapa elemen di antaranya adalah :
- Diegetic
diegetic adalah elemen user interface yang ada dalam dunia permainan bersifat fiksi dan geometris sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi denan mereka melalu visual, audible atau haptic
- Meta
Meta adaah gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu di visualisasikan spasial untuk pemain
- Spatial
spatial / spasial adalah elemen user interface yang di sajikan dalam ruang permainan 3 dimensi dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya.
- Non-Diagetic
adalah antarmuka yang di berikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke permain di dunia nyata desain interface ini semuanya menggunakan visual heads-up display atau HUD
tutorial membuat user interface sebuah game
Bagaimana Interaksi Fisik dalam Dunia Game.
Referensi :
0 komentar:
Post a Comment