Wednesday, April 20, 2016

#petgame HOW TO BE CREATOR GAME

20/April/2016




untuk menjadi seorang creator game anda harus membaca dan memahami hal-hal dasar tentang game yang akan saya jelaskan di bawah ini :

Dalam sebuah game pasti ada alur cerita yang menentukan dan mengatur jalannya game. Jika sebuah game tidak memiliki alur cerita atau bahkan akhir tujuan akan membuat permainan tidak akan selesai. Sebuah alur cerita di bangun dan di ciptakan oleh tiga hal, yaitu skenario,script dan storyboard.

a.skenario

skenario adalah suatu cara penyusunan urutan cerita agar peristiwa yang terjadi sesuai dengan yang seharusnya. Skenario dalam game adalah langkah pertama dalam membuat sebuah game dan di dalam skenario game dibuatlah cerita khusus atau alur cerita jalannya game.

Skenario menentukan semua hal dalam pembuatan game seperti pembuatan trik, pembuatan program game, grafik, tokoh, animasi, suara bahkan interior dan eksterior di dalam sebuah game yang akan di ciptakan.
Sama seperti pembuatan sebuah film dimana tema di tulis oleh penulis terlebih dahulu baru mengajukannya kepada produser film dan penulis skenario membuat sinopsis lalu setelah mendapat persetujuan dari produser baru skenario dibuat. Tahap membuat sebuah game mempunyai alur yang sama dan mungkin hanya sedikit berbeda di setiap pengembang.


b.Script

skrip adalah semacam bahasa pemrograman tanpa aplikasi. Skrip biasanya di sisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih komplek contohnya penyisipan script c# ke dalam pprogram xml untuk memberikan akses hardware pada tingkat rendah.

Di bawah ini adalah tutorial scripting basics di roblox 2013 untuk kalian yang mau membuat game tapi belum sama sekali tahu tentang script.



c.storyboard

storyboard adalah semacam pembuatan visualisasi ide dari game yang akan di bangun atau secra dasar dapat memberikan gambaran seperti apa game yang akan di hasilkan. Storyboard akan di jadikan outline dari sebuah proyek di tampilkan adegan per adegan atau yang biasa di sebut scene.

Tahap membuat storyboar game hampir sama dengan membuat storyboard komik hanya saja storyboard game tidak terlalu spesifik dan hanya menampilkan scene-scene tertentu saja.


Artificial Intelegence

Artificial Intelligence atau AI adalah kecerdasan yang di tunjukkan oleh suatu entitas buatan yang maksudnya Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Untuk menjadi creator atau pencipta suatu game anda harus mengerti bahwa permainan Komputer atau game adalah salah satu macam bidang yang menggunakan Artificial Intelligence.

Artificial Intelligence dalam Game

Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.

Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain.

Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan buatannya.Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence.

untuk anda yang malas membaca tulisan saya yang panjang-panjang silahkan tonton video di bawah ini :




Di dalam sebuah AI pasti terdapat decision making (pengambilan keputusan).Pada game ini decision making memberikan kemampuan suatu karakter untuk menentukan langkah apa yang akan diambil. Decision making dilakukan dengan cara menentukan satu pilihan dari list yang sudah dibuat pada algoritma yang dirancang. Algoritma decision making kerap digunakan dalam aplikasi game, akan tetapi algoritma decision making dapat diimplementasikan pada banyak aplikasi lain.

Decision Making terbagi menjadi 3 :

Decision Tree, State Machine dan Rule System.

Decision Tree

Pohon Keputusan (Decision Tree) merupakan metode klasifikasi dan prediksi yang sangat kuat dan terkenal. Metode pohon keputusan mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan. Pohon keputusan juga berguna untuk mengeksplorasi data, menemukan hubungan tersembunyi antara sejumlah calon variabel input dengan sebuah variabel target.


State Machine

State Machines adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: Keadaan,kejadian dan aksi. 

Berdasarkan sifatnya, metode SM ini sangat cocok digunakan sebagai basis perancangan perangkat lunak pengendalian yang bersifat reaktif dan real time. Salah satu keutungan nyata penggunaan SM adalah kemampuannya dalam mendekomposisi aplikasi yang relative besar dengan hanya menggunakan sejumlah kecil item state. 


Rule Systems


Rule System merupakan metode pengambilan keputusan berdasarkan pada aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan. Rule System dapat diterapkan pada agen virtual dalam bentuk kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan tindakan tertentu. Tindakan tersebut direpresentasikan oleh set aturan yaitu penyebab tindakan itu terjadi, proses tindakan dan hasil dari tindakan tersebut.

selain 3 hal di atas ada pathfinding di dalam pembuatan sebuah game. Pathfinding merupakan cara untuk mendapatkan route antara 2 buah point.
pathfinding memiliki beberapa algoritma yang bisa di tetapkan antara lain, Brute forece, BFS, DFS, Branch And Bounce.

 contoh game maze dengan penggunaan algoritma BFS



Pembuatan Parking Machine futuristic

Pembuatan mesin parkir ini menggunakan Artificial Intellegence karna sama sekali tidak menggunakan campur tangan manusia dalam pengoperasiaannya. konsep mesin parkir yang saya buat ini sangat mengedepankan efisiensi dan keamanan. Parkir motor ini dirancang agar tidak banyak tempat luas yang harus di gunakan sebagai lahan parkir.


Pada gambar di atas bisa di lihat tampilan mesin parkir tampak dari depan dan tampak dari atas. Tampak depan bisa di lihat tanda panah yang menuju ke pintu parkir. Untuk memarkirkan motor para pengendara motor hanya harus mendekatkan STNK atau surat tanda naik kendaraan untuk di pindai oleh mesin parkir dan menekan tombol hijau untuk memasukkan kendarran dan tombol merah untuk mengambil kendaraan.



Motor harus di dekatkan di pintu mesin parkir dan mesin parkir akan menjepit  motor lalu memasukkan motor ke tempat yang belum terisi atau kosong. Mesin parkir akan bergerak ke atas dan membawa motor ke atas jika di atas ada tempat yang belum terisi oleh motor dan akan bergerak ke bawah jika di bawah terdapat tempat yang kosong dan inilah yang dimaksud decision making atau pengambilan keputusan.

Tempat parkit futuristic ini akan dapat memuat sekitar 26 motor dan dapat menghemat tempat dan memberikan keamanan yang sangat terjamin bagi para pengguna.

referensi :

Judul Spoiler:
• https://www.academia.edu/3875722/Scripting_dalam_Pembuatan_Game • http://skp.unair.ac.id/repository/web-pdf/web_Pengertian_Bahasa_Scripting_Muhammad.pdf • http://www.elektro.undip.ac.id/iwan/Perancangan%20Software%20Embedded%20System%20Berbasis%20FSM.pdf

0 komentar:

Post a Comment